No Widgets found in the Sidebar

3 Jenis Teknik Stewing dan 3 Manfaat Metode Stewing – Di dunia ini ada banyak sekali metode memasak yang tersedia. Semua metode memasak tersebut hadir agar manusia tidak merasa bosan karena menikmati makanan yang sama secara terus menerus atau menikmati makanan yang diolah dengan satu metode yang sama.
Setiap metode memasak akan menghasilkan rasa masakan yang berbeda. Bahkan meskipun bahannya sama, rasa masakan akan menjadi lebih bervariasi saat satu bahan tersebut diolah menggunakan beberapa metode yang berbeda.

Metode Memasak Stewing yang Semakin Terkenal

Boiling adalah teknik memasak dengan cara merebus dalam air. Sedangkan frying adalah metode memasak dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan. Bagaimana dengan stewing? Stewing adalah teknik memasak yang menggunakan cairan, tapi cairan yang digunakan hanya sedikit saja.

Bahan-bahan makanan yang digunakan dalam proses stewing sudah dipotong kecil-kecil sebelum dimasak. Karena menggunakan cairan dalam jumlah yang sangat sedikit, proses memasak yang satu ini jadi lebih lambat dibandingkan dengan proses lainnya.

Tujuan digunakannya teknik ini adalah untuk mendapatkan aroma makanan yang lebih harum, yang bisa muncul hanya dengan menggunakan proses memasak yang cukup lama.

Berbagai Hal yang Terlibat dalam Metode Stewing

Beberapa orang mungkin belum pernah mencoba memasak dengan menggunakan teknik stewing. Jika Anda juga belum pernah memasak dengan memanfaatkan metode ini, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu agar proses stewing bisa dilakukan dengan lancar dan benar.

* Bahan yang bisa digunakan
Proses pengolahan makanan dengan teknik stewing tidak bisa dilakukan dengan sembarang bahan makanan. Karena prosesnya yang sangat lama, bahan makanan yang sifatnya mudah lunak seperti sayuran akan mudah hancur sehingga kurang cocok dimasak dengan metode stewing.

Beberapa menu makanan yang cocok dimasak dengan menggunakan metode stewing antara lain opor ayam, olahan ayam, rendang, semur, dan sop iga. Dengan digunakannya teknik stewing, berbagai bahan utama yang berupa daging akan menjadi lebih empuk dan bumbunya pun akan lebih meresap.

* Penggunaan berbagai bumbu
Agar aroma yang dihasilkan semakin kuat dan harum serta rasa masakan juga semakin nikmat, berbagai bumbu dapur akan digunakan selama proses pengolahan makanan dengan metode stewing.

Beberapa bumbu yang sering digunakan antara lain pala, kayu manis, cengkeh, dan sebagainya. Karena banyaknya jenis bumbu yang harus digunakan dalam proses pengolahan makanan menggunakan metode stewing, banyak orang enggan mencoba metode yang satu ini. Padahal hasil masakan akan semakin mantap setelah diolah dengan teknik stewing ini.

Jenis Teknik Stewing yang Sering Digunakan

Hal lainnya yang sangat penting untuk dipelajari oleh siapapun yang tertarik untuk menggunakan metode stewing adalah berbagai jenis metode memasak stewing yang tersedia. Ada beberapa jenis teknik berdasarkan proses memasak yang sebaiknya dipahami sebelum mencoba metode stewing.

1. Stewing menggunakan kompor
Proses memasak yang satu ini adalah yang paling terkenal di Indonesia dan merupakan teknik memasak yang termasuk cepat. Proses memasak di atas kompor memang terkesan lebih praktis padahal metode ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Metode stewing perlu dilakukan dengan benar, caranya adalah dengan mengatur suhu api yang dihasilkan oleh kompor. Sangat penting untuk memantau masakan setiap saat sampai masakan tersebut matang. Pastikan level cairan tetap stabil serta tidak tumpah keluar dari kompor.

2. Stewing dengan teknik slow cooking
Teknik stewing lain yang cukup sering digunakan adalah slow cooking. Sesuai dengan namanya, teknik memasak yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Meskipun begitu, teknik memasak slow cooking cukup diminati oleh banyak orang. Teknik ini membutuhkan alat bernama slow cooker.

Slow cooker akan digunakan dalam proses pengolahan agar masakan bisa mencapai tingkat kematangan yang lebih sempurna. Alat slow cooker ini kurang cocok untuk digunakan dalam memasak sesuatu yang seharusnya diolah secara instan dan cepat.

3. Stewing menggunakan oven
Metode stewing yang ketiga melibatkan penggunaan alat memasak yang berbeda, yaitu oven. Alat memasak yang satu ini memungkinkan masakan untuk mendapatkan cita rasa yang lezat dan sempurna. Metode memasak dengan oven akan menghasilkan masakan yang lebih matang.

Selain lebih matang, stewing dengan menggunakan oven akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam masakan. Suhu di oven bisa diatur dengan lebih mudah sehingga proses pemantauan juga lebih mudah untuk dilakukan. Sayangnya, proses memasak di dalam oven tidak bisa terlihat dengan jelas.

 

3 Jenis Teknik Stewing dan 3 Manfaat Metode Stewing

Manfaat Menggunakan Metode Stewing

Jika ada proses lain yang lebih cepat, kenapa harus menggunakan teknik memasak stewing? Karena metode stewing akan membawa berbagai manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan menerapkan metode stewing antara lain:

* Rasa masakan semakin lezat
Merebus berbagai bahan dan bumbu dalam waktu yang cukup lama akan membuat semua bahan dan bumbu menyatu dengan lebih sempurna. Hal ini akan menghasilkan masakan yang rasanya lebih lezat daripada masakan yang diolah dengan teknik pengolahan lainnya.

* Nutrisi makanan tidak banyak terbuang
Makanan yang diolah dengan cara direbus akan mempertahankan hampir seluruh nutrisi yang dibawa oleh bahan-bahan utamanya. Hal ini bisa terjadi karena proses pengolahan cairan kaldu juga menghasilkan nutrisi yang cukup tinggi.

* Masakan akan mempunyai tekstur yang lebih pas
Berbagai bahan makanan seperti sayuran dan daging akan terasa jauh lebih lunak setelah dimasak dengan menggunakan metode stewing. Tekstur makanan pun akan terasa lebih pas, tidak terlalu keras atau terlalu lembek.

Proses memasak dengan metode stew memang terasa lebih lama, tapi cara ini jauh lebih baik dalam menghasilkan makanan dengan nutrisi yang lebih tinggi dan rasa yang lebih nikmat.