Mengenal Lebih Dalam dengan Teknik Masak Stewing

Mengenal Lebih Dalam dengan Teknik Masak Stewing

Mengenal Lebih Dalam dengan Teknik Masak Stewing – Stewing menjadi salah satu teknik masak yang saat ini banyak diburu oleh ibu-ibu rumah tangga dikarenakan sangat mudah untuk dilakukan. Bukan hanya itu saja namun teknik masa ini juga terbukti bisa menghemat waktu dan tenaga. Lantas apa maksud sebenarnya dari teknik masak stewing itu?.

Apa Itu Teknik Masak Stewing?

Stewing merupakan teknik masak kekinian yang memanfaatkan cairan berupa santan maupun air dalam jumlah sedikit. Dengan adanya cairan itu nantinya proses memasak akan menjadi lebih cepat dan matang secara sempurna. Biasanya untuk menghasilkan aroma yang wangi orang-orang akan menambahkan bumbu berupa rempah-rempah seperti kayu manis, pala, kapulaga dan cengkeh.
Perlu diketahui bahwa saat ini tidak sedikit masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa teknik masak stewing itu memiliki kesamaan dengan brazing. Namun faktanya keduanya sangatlah berbeda di mana pada teknik stewing untuk proses memasaknya tidak perlu memakai penutup panci di atasnya. Sedangkan pada teknik brazing Anda perlu menutup bagian atasnya supaya bisa menghasilkan masakan yang matang dengan sempurna.

Mengetahui Jenis-Jenis Teknik Masak Stewing

Berdasarkan proses memasaknya teknik stewing itu dikelompokkan menjadi 3 jenis. Di mana ketiga jenis itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahui jenis-jenis teknik stewing itu langsung saja baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

1. Teknik Oven

Untuk menghasilkan masakan yang lebih lezat Anda bisa melanjutkan proses stewing itu dengan mengovennya. Dengan melakukan kegiatan itu nantinya masakan yang dihasilkan bisa matang secara sempurna. Bukan hanya itu saja namun bumbu juga bisa meresap hingga bagian terdalam. Untuk mempermudah dalam memantaunya dapat mengatur suhu oven sesuai keinginan. Sebaiknya cobalah atur suhu oven itu antara 250 hingga 320 derajat agar masakan bisa cepat matang. Sedangkan kekurangan dari teknik ini yaitu Anda tidak bisa melihat kondisi masakan pada oven dengan jelas.

2. Slow Cooking

Meskipun teknik stewing ini dikenal lamban namun sangat digemari oleh ibu-ibu rumah tangga. Hal itu dikarenakan teknik masak slow cooking bisa menghasilkan hidangan yang sangat lezat dan enak. Dikarenakan prosesnya lamban membuat teknik stewing satu ini kurang dianjurkan untuk digunakan memasak hidangan cepat saji. Tapi Anda tidak perlu khawatir proses itu bisa dipercepat dengan memanfaatkan alat masak slow cooker yang bisa ditemukan dengan mudah di marketplace atau toko perabotan.

3. Teknik Kompor

Keunggulan dari teknik stewing kompor yaitu bisa memasak hidangan dalam waktu yang singkat dan cepat. Dengan begitu sangat cocok digunakan untuk memasak hidangan berupa daging. Selain itu teknik kompor juga terbilang praktis dikarenakan bisa mengatur ketinggian suhunya sesuai keinginan. Pada saat menggunakan teknik stewing jenis ini Anda juga bisa memantau masakan hingga matang sempurna sehingga cairan yang ada di dalamnya tetap stabil.

Bagaimana Tips Memasak dengan Teknik Stewing Itu?

Pada dasarnya memasak dengan teknik stewing itu tidak serumit seperti apa yang dibayangkan sebelumnya. Namun dengan catatan Anda telah mengetahui beberapa tips memasaknya. Adapun tips memasak dengan teknik stewing seperti berikut ini.

Memasukkan Bumbu Ketika Daging Sudah Berwarna Kecoklatan

Teknik stewing sendiri biasanya digunakan untuk memasak daging. Alasannya dikarenakan teknik ini bisa menghasilkan hidangan daging yang empuk dan super lezat. Namun sebelum menuangkan bumbu ke dalam masakan, pastikan terlebih dahulu bahwa daging yang dipakai sudah berwarna kecoklatan. Hal itu bertujuan agar nantinya bumbu masakan bisa meresap hingga bagian terdalam daging dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk mengadu isi panci menggunakan spatula supaya tidak gosong. Adapun beberapa contoh hidangan yang cocok dimasak menggunakan teknik stewing kompor ini seperti berikut.

Opor ayam.
Semur telur.
Gulai.
Tongseng.

Tambahkan Berbagai Macam Rempah-Rempah

Untuk menghasilkan rebusan dengan aroma yang wangi bisa menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan. Adapun beberapa rempah-rempah yang bisa Anda tambahkan pada masakan seperti berikut ini.

Bawang putih.
Bawang merah.
Daun bawang.
Kapulaga.
Sayuran.
Kayu manis.
Aromatik lainnya.

Menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan juga memiliki tujuan agar rebusan menjadi lebih kompleks. Tentunya jika rebusan yang dihasilkan itu lebih kompleks bisa membuat hidangan terasa sangat enak.

Pakailah Air Secukupnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, teknik memasak stewing ini membutuhkan cairan berupa air atau santan. Tapi perlu diingat air yang digunakan tidak boleh berlebihan supaya hasil akhirnya bisa sempurna. Bukan hanya itu saja air yang berlebihan juga dapat mengakibatkan masakan bertekstur lembek sehingga kurang enak untuk dimakan. Untuk menghindari kebanyakan penggunaan air bisa menakarnya terlebih dahulu memakai gelas takar. Di mana untuk mendapatkan gelas takar itu bisa dilakukan dengan cara membelinya di toko perabotan atau secara online melalui marketplace.

Pastikan Masakan Telah Mendidih dengan Sempurna

Ketika menggunakan teknik stewing ini Anda perlu memastikan bahwa masakan sudah mendidih dengan sempurna. Ciri-ciri masakan itu sudah mendidih dengan sempurna bisa dilihat dari timbulnya gelembung besar di permukaan panci. Jika ciri-ciri itu sudah muncul segeralah untuk mengecilkan api agar cairan tidak keluar dari panci. Kemudian pantaulah api yang masih menyala itu hingga proses memasak selesai.

Di samping bisa menghemat waktu dan tenaga, teknik memasak stewing itu juga mampu menghasilkan hidangan dengan tekstur yang pas. Dengan begitu membuat teknik ini sangat cocok dipakai untuk memasak hidangan berupa sayuran maupun daging yang memiliki tekstur agak keras. Bagaimana setelah membaca ulasan di atas apakah tertarik untuk mencoba menggunakan teknik masak stewing?.